LINGKUNGAN BELAJAR

LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI ANAK PAUD

Lingkungan merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya serta makhluk hidup lainnya. Atau lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar/di sekeliling. Lingkungan terdiri dari unsur-unsur biotik (makhluk hidup) abiotik (benda mati) dan budaya manusia.

Lingkungan sebagai sumber belajar dapat diartikan segala sesuatu yang ada di sekitar/di sekeliling anak (makhluk hidup, benda mati, dan budaya manusia) yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran secara lebih optimal.

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di TK mengarahkan anak pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, keadaan alami sehingga lebih nyata, lebih aktual dan kebenarannya lebih dipertanggung jawabka, manfaat nyata yang dapat diperoleh dengan penggunaan lingkungan diantaranya adalah:

  1. Menjadikan berbagai hal yang dapat dipelajari oleh anak-anak.
  2. Memingkinkan terjadinya proses belajar yang lebih bermakna (meaningful learning)
  3. Memungkinkan terjadinya proses pembentukan kepribadian anak.
  4. Kegiatan belajar akan lebih menarik bagi anak.
  5. Menumbuhkan aktivitas belajar anak (learning activities).

Jenis-jenis lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di Tk terdiri atas leingkungan alam/fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan alam/fisik adalah segala sesuatu yang alamiah dan sifatnya realtif menetap, seperti air, tanah, batu-bantuan, tumbuhan, hewan, sungai,iklim, suhu udara. Lingkungan sosial berkenaan dengan interaksi anak dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan.

 

 

Leave a comment